Yamaha YZF-R25 Tiga Silinder?? Yamaha Kembali Memanas Nih..

 

Assalamu’alaikum guys..

Well, sambil ditemani Indomie telor rebus hanget dan air minum hanget di tengah malam nan dingin, Isalblogger coba membahas isu otomotif baru-baru ini di tanah air yang juga lagi hanget-hangetnya. Yupz, apa lagi kalo bukan isu agenda Yamaha YZF-R25 tiga silinder yang diam-diam sedang diracik Yamaha Indonesia untuk proyek jangka panjang. Isu ini sudah terendus dan menyeruak di blog kawakan seperti TMCBlog dan IWB. Meski baru sebatas isu, namun menarik untuk disimak. Karena bukan kebetulan isu YZF-R25 tiga silinder datang begitu saja. Jelas ada pemicunya dong guys..

Yoi, nampaknya isu Ninja 250 empat silinder yang awalnya sayup-sayup tak jelas kebenarannya, di IWB isu Ninja 250 empat silinder ini kembali menguat. Tidak hanya menguat, namun sepertinya narasumber yang kemungkinan dari pihak underground Kawasaki atau yang sehubungan dengan mereka berusaha meyakinkan bahwa sang empat silinder memang ada. Kenapa bisa sampai segitunya ya? Padahal yang dua silinder aja belum jelas bentuknya, ini ujug-ujug langsung lompat ke empat silinder.

Diakui atau tidak, eksistensi Ninja 250R FI setidaknya sudah mulai terancam meski penjualannya masih tetap lebih bagus dari kompetitor terdekat, Honda CBR250RR. Market share CBR250RR makin kemari, makin mengalami kenaikan dalam fase penjualannya. Dan mungkin Kawasaki melihat ini sebagai ancaman ke depannya, walaupun mereka tetap stay cool. Maka isu proyek upgrade Ninja 250R FI kembali digulirkan dengan lebih jelas meski sebatas bocoran halus. Tak cukup sampai di situ, isu Ninja empat silinder pun juga ikut digelindingkan. Agar attention of market mengarah lagi ke Kawasaki.

Tak disangka, ibarat geledek di siang bolong, isu Yamaha YZF-R25 tiga silinder tiba-tiba timbul ke permukaan. Kedua blogger kawakan sudah membahasnya. Begitu pun saya. Memang cukup menarik untuk dibahas, karena persaingan kelas 250cc tidak hanya meningkat tensinya, tapi malah makin melebar ke kelas yang lebih premium dan prestige di kubikasi yang sama. Entah ini sebagai senjata pamungkas untuk upgrade atau untuk penguat di kelas 250cc bagi masing-masing pabrikan. Silinder lebih dari dua, tentu menawarkan sensasi yang berbeda mulai dari sisi suara hingga performa. Untuk anak-anak muda di zaman sekarang atau siapa saja yang belum sempat mencicipi sensasi 250cc 4 silinder, hal ini menjadi perhatian lebih bagi mereka.

Cuma apa iya Yamaha mau melawan Ninja 250 empat silinder hanya dengan R25 tiga silinder? Kenapa gak sekalian empat silinder aja ya? Kan ini motor sport full fairing yang mengandalkan power atas. Dan empat silinder lebih cocok untuk performa tersebut. Apakah Yamaha mau membuat keunikan di mesin tiga silindernya seperti yang dilakukan MV Agusta terhadap produk superbike tiga silindernya? Yupz, kabarnya Yamaha akan membenamkan mesin spek Crossplane Crankshaft, terdengar cukup bengis bagi mesin tiga silinder. Torsi dan power melimpah dari bawah hingga menengah tidak hanya menawarkan sensasi manuver berkendara yang menyenangkan, namun juga cocok kalo dipakai untuk harian karena motor akan terasa lebih ringan jika torsi enteng. Keren juga sih. Apalagi jika desain Ninja dan YZF-nya nanti sama-sama tidak mengecewakan. Persaingan 250cc tentu akan semakin mendidih guys.. Dan konsumen pun diuntungkan dengan pilihan yang beragam, menarik dan berkualitas. Semoga manfaat.

Wassalam

(isal)

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sketsa Analisa Suzuki Bandit 150 - Isalblogger
  2. Galang Hendra Pratama Dapat Hadiah Termanis - Isalblogger
  3. Renderan Motor Buatan Blogger-Media VS Desainer Pabrikan - Isalblogger

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.