Sebab Memilih Kamera Canon EOS family

Assalamu’alaikum guys..

Bulan kemarin penulis resmi sudah mengganti kamera lawas Canon penulis, EOS 350D dengan EOS 1200D. Sebelum menjatuhkan pilihan ke EOS 1200D, penulis sempat melirik Nikon D3400 karena dari segi harga nggak terlalu jauh, meski lebih mahal sedikit dari EOS 1200D.

D3400 sudah dilengkapi lensa kit berfitur anti getar, VR (Vibration Reduction), sementara EOS 1200D lensa kitnya belum dilengkapi fitur IS (Image Stabilizer). Namun, sepengalaman penulis ketika mencoba Nikon berbagai generasi milik teman-teman, terasa sedikit rumit terutama di bagian setting menunya. Padahal bila diperhatikan, D3400 terilhat lebih canggih dari EOS 1200D karena kelengkapan fitur-fiturnya.

Akibatnya mengoperasikan Nikon jadi lebih lambat jika dipakai untuk dokumentasi acara. Berbeda jauh dengan EOS family yang friendly use baik untuk pemula maupun semi pro. Meski fitur-fitur yang dimiliki D3400 lebih lengkap dari EOS 1200D dan mampu menghasilkan foto lebih baik dari kompetitornya, penulis tetap memilih EOS karena kesimpelannya. Terlebih penulis sudah familiar dengan EOS family, jadi masih kaku jika berhadapan dengan Nikon. Dan hasil foto dari EOS 1200D juga masih cukup bagus dan pastinya lebih bagus dari generasi 350D, walaupun noise di low light dan iso tinggi masih kelihatan di hasil foto.

Mungkin untuk penghobi fotografi khususnya landscape fotografi, Nikon lebih terlihat sangat sesuai bila dilihat dari segi kualitas gambar. Apalagi di negara tropis seperti Indonesia, kontras dan saturasi warna foto yang dihasilkan Nikon sangat terlihat, sehingga hasil foto jadi terlihat lebih indah. Tapi hal itu tidak jadi mutlak, karena secanggih-canggihnya kamera jika fotografernya belum mahir dalam bidangnya, maka hasil fotonya akan terlihat biasa-biasa saja. Semoga manfaat.
Wassalam

(isal)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.