Review Harian Suzuki Satria F150 FI & Konsumsi BBM-nya

Review harian Suzuki Satria F150 FI

Assalamu’laikum guys..

Selama seminggu kemarin Isalblogger udah melakukan review harian pada underbone terkencang di tanah air, Suzuki Satria F150 FI atau yang biasa disebut Satria Fu FI. Bagaimana impressi review harian Suzuki Satria F150 FI? Cekidot guys paragraf selanjutnya…

Sebelumnya beberapa tahun yang lalu pas Satria Fu FI baru-baru launching, Isalblogger pernah test ride singkat Suzuki Satria F150 FI versi MotoGP di Summarecon Mall Bekasi. Waktu itu sih cuma test sekitaran parkiran mall, dan cuma bisa nyicipin sedikit powernya di gigi 3. Dan baru segitu aja sebenarnya udah kebayang seberapa beringasnya power Satria Fu FI. Dan spek gear ratio dari versi MotoGP sebenarnya begitu spesial daripada versi standard/blackfire berdasarkan info dari pemilik salah satu dealer Suzuki Indonesia.

Penulis kira hal itu cuma gurauan sang bos dealer belaka, ternyata memang berbeda lho guys setelah ngerasain review harian Suzuki Satria F150 FI versi blackfire. Jadi begini guys… ketika test ride Satria Fu FI MotoGP, Isalblogger merasakan RPM-nya cepat naik dan tentunya kecepatan berangsur naik dengan cepat di tiap gearnya. Makanya pas gear 3, Isalblogger sudah ngerasain power Satria yang terkenal beringas. Belum lagi PWR-nya yang ringan, benar-benar bikin ban belakang sliding pas ngerem mendadak. Jadi untuk jarak pendek pun, Satria Fu FI MotoGP sudah terasa beringas edan kencangnya.

Nah, pas review harian Suzuki Satria F150 FI versi Blackfire, RPM terasa lama naiknya. Sehingga nafasnya terasa panjang di tiap gearnya. Dan butuh trek panjang untuk mencapai kecepatan di atas 120 km/jam. Namun tetap aja powernya berasa ngeri guys dengan PWRnya yang segitu ringan. Di gear 4 saja Isalblogger baru berhasil meraih 120 km/jam, belum naik ke gear 5 karena kondisi trek tidak mendukung. Jadi ambil aman aja langsung lepas gas dan rem (sekalian test panic brake). Alhamdulillah, kualitas pengereman Satria Fu FI benar-benar joss banget guys.. Desain petal disc cakram depannya benar-benar bermanfaat selain pakem tapi gak bikin ban depan ngunci. Cuma ban belakang yang kekunci di pengereman mendadak. Jadinya, Isalblogger udah ngerasain dua kali sliding brake dengan Satria Fu FI.

Trus mengenai detailnya seperti, tuas perseneling yang halus, kopling yang gak empuk tapi gak terlalu keras, panel speedometer yang lumayan lengkap (ada jam, indikator gear, fuelmeter, speedmeter, odometer, tripmeter, indikator rpm, lampu limiter, lampu indikator sein kanan dan kiri yg terpisah, indikator lampu jauh, dll) namun minus indikator konsumsi rata-rata BBM. Handlingnya pas review harian Suzuki Satria F150 FI di kemacetan dan menikung cepat lebih enak dari versi karbunya, meski manuvernya gak setajam MX-King milik Isalblogger. Grip bannya cukup bagus, sehingga Satria Fu FI benar-benar bikin pede Isalblogger untuk cornering guys..

Untuk ergonomi, Satria Fu FI lebih nyaman dari versi karbunya (bahkan kompetitor dekatnya, Sonic 150R) yang racy ditambah joknya yang memang empuk banget guys.. Enak dibawa jalan jauh dan dekat di segala kondisi jalanan karena shocknya yang terkenal empuk. Juga lampu LEDnya cukup terang meski sobat biker memakai helm berkaca smoke atau gelap.

Konsumsi BBM-nya

Well guys.. bagaimana konsumsi BBM setelah review harian Suzuki Satria F150 FI selama seminggu? Isalblogger mengukurnya dengan metode full-to-full. Satria Fu FI penulis isi full dengan BBM Pertamax dan dibawa jalan jauh dari Jakarta – Jonggol – Jakarta lagi. Satria Fu FI penulis bawa dengan tanpa metode eco riding, jadi ya paling sering gas poll di atas 6000 rpm. Odometer awal sebelum ngisi menunjukkan 483 km (bisa dicek di foto bawah)

Kemudian ketika udah tinggal satu bar dan logo fuelmeter kedap-kedip, tangki Satria Fu FI diisi full lagi sebanyak 3,25 liter dan odometer sudah menunjukkan 618 km (silahkan dicek foto terlampir). Jadi, berapa jauh konsumsinya per liter?

 

Isalblogger berhasil mendapatkan konsumsi BBM-nya sejauh 41,54 km/liter (618-483:3,25=41,5384615). Lumayan irit banget untuk sebuah hyperbone sekelas Satria yang terkenal boros di jaman karbunya. Paket spek keseluruhan Satria Fu FI menurut Isalblogger adalah satu bentuk keberhasilan Suzuki dalam menciptakan underbone yang kencang gila namun tetap nyaman dan irit.

Mungkin yang perlu dipermanis dikit ya hanya di bagian desainnya yang terkesan “kalem” di bagian kepala dan buntut. Seperti meninggalkan desain sportynya yang indah di type terakhir jaman karbu. Apakah di balik Satria F150 FI ini Suzuki seperti memiliki konsep atau pesan bahwa di balik penampilan yang lugu, kalem dan sopan, Satria Fu FI menyimpan jati diri yang kuat, cepat, dan power yang beringas. Cukup menarik juga jika memang begitu. Dan akan lebih menarik lagi jika desain yang keren mengikuti speknya yang terlanjur keren bagi para speed lovers. Semoga Suzuki Indonesia segera mengupdatenya dari sisi tampilan ya guys.. Gak usah jauh-jauh, cukup bagian desain batok headlamp dan buntut/rearlamp. Spek mesin sih udah oke. Semoga manfaat ya guys..

Wassalam

(isal)

Baca juga:

Test Ride Suzuki GSX-R150 (part 1)

Test Ride Suzuki GSX-R150 (part 2)

Tanya Jawab Tentang Keyless Ignition Suzuki GSX-R150 (Q/A)

Inilah Cara Melepas Hugger Rear Fender Suzuki GSX-R150

Nyicipin Suzuki GSX-S150, Enteng dan Galak Torsinya

All About Keyless Ignition Suzuki GSX-R150

Harga GSX-R150 Berikut Simulasi Kreditnya

Suzuki Bike Meet – Jam-Nas 2018 Berlansung Meriah

GSX Club Indonesia Regional Papua Sumbangkan Donasi Untuk Masyarakat Desa Skow

Bikers GSX Club Indonesia Peduli Korban Bencana Alam

 

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. GSX Community Nusantara Menggelar Anniversary Pertamanya - Isalblogger
  2. Suzuki Indonesia Merilis All New Suzuki Nex II Hari Ini - Isalblogger

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.